Selasa, 30 April 2013

KURAP

KURAP

Cara Mengatasi / Menghilangkan Kurap – Punya kulit mulus bebas dariberbagai macam penyakit kulit siapa sih yang tak mau? Pasti semua orang pun mau. Tapi kadangkala penyakit kulit datang dengan sendirinya tanpa anda sadari sama sekali, biasanya yang muncul ialah panu, kadas dan kurap. Karena kita sudah membahas cara menghilangkan panu beberapa waktu yang lalu, kali ini kita akan membahas tentang penyakit kulit lainnya yaitu kurap.

Kurap
Kurap sendiri merupakan penyakit kulit yang diakibatkan oleh fungi atau yang kita kenal dengan nama jamur, jamur ini dapat menular dari satu orang ke orang lain dengan berbagai media perantara seperti baju, handuk ataupun celana. Tak hanya itu, jamur  kurap ternyata juga dapat dibawa oleh hewan peliharaan seperi kucing maupun anjing. Gejala kurap sangat mudah ditandai, kulit yang terdapat kurap jika disentuh terasa kasar dan sedikit timbul serta muncul warna merah muda disekitar kurap.
Nah, jika anda atau keluarga anda sedang dihinggapi jamur kurap dan sudah muncul akibatnya seperti diatas, anda perlu melakukan penanganan dengan segera sebelum kurap tersebut membesar dan menyebar ke area kulit lainnya, berikut tips alami yang dapat anda coba untuk membasmi kurap:
Kunyit
Kunyit terbukti ampuh untuk menghilangkan kurap dan sudah sangat terkenal khasiatnya juga sebagai ramuan alami beberapa penyakit kulit seperti panu. Untuk mengatasi kurap dengan kunyit pun sangat mudah, caranya cukup oleskan kunyit yang telah dikelupas kulitnya pada area kurap anda. Ataupun anda dapat menghaluskan kunyit sebesar kuku anda, lalu tempelkan pada kurap anda menggunakan kain perban.
Lengkuas
Sama seperti kunyit, lengkuas pun terbukti ampuh untuk menghilangkan berbagai penyakit kulit terutama penyakit kulit yang diakibatkan oleh jamur. Untuk mengatasi kurap, caranya cukup gosokkan lengkuas yang telah dibersihkan kulitnya pada kurap, atau tempelkan seperti saat menggunakan kunyit.
Daun Tembakau
Walaupun jarang dikenal orang sebagai bahan alami untuk mengobati kurap, daun tempakau ini juga terbukti manjur untuk menghilangkan jamur akibat kurap. Caranya, haluskan ½ daun tembakau sampai benar halus, dan oleskan pada area kurap.
Daun Sirih
Daun sirih dapat mengatasi kurap karena memiliki zat yang dapat meluruhkan si jamur kurap tersebut. Carannya, cukup haluskan atau tumbuk 1 lembar daun sirih, lalu oleskan pada kurap anda.
Daun Ketepeng Cina
Caranya, haluskan satu genggam daun ketepeng cina, lalu campurkan dengan 1 sendok teh kapur sirih. Ramuan tersebut gosokkan keseluruh area tubuh anda agar jamur kurap bisa mati sebelum menyebar ke area kulit anda yang lain.

Cara Mencegah Kurap

Karena kurap dapat tumbuh selalu jika kondisi kulit badan anda mendukung, jadi anda perlu cara mencegah agar kurap tak mengghinggapi anda kembali, berikut tipsnya:
Mandi Bersih
Ini adalah pencegahan awal yang dapat anda lakukan, karena ketika anda mandi diharapkan jamur kurap yang baru singgah di tubuh anda dapat luruh dengan segera. Minimal mandilah 2 kali sehari dan gunakan juga sabun kesehatan bukan saja sabun kecantikan.
Mengindari Penderita
Karena kurap merupakan penyakit kulit yang dapat menular, jadi anda haru berhati-hati jika berdekatan dengan orang yang memiliki kurap.
Jangan Bertukar Pakaian
Mungkin ini yang menjadi awal kenapa bisa muncul kurap dikulit anda, jadi anda jangan pernah menggunakan baju, celana ataupun handuk orang lain apalagi jika bajunya belum dicuci.
Demikian cara mengatasi / menghilangkan kurap secara alami serta cara mencegah si kurap datang kembali. Sekali lagi, jangan sampai lupa diterapkan agar kurap tak pernah mucul lagi di kulit anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar